5 Harapanku Untuk PT.PLN dan Hikmah Spesial di balik Padamnya Listrik PT.PLN

28 Sep 2012

Sebelum masuk ke artikel, aku mau ngasih tahu bahwa tadi siang aku sempat publish artikel ini di blog lamaku. Soalnya ketika aku masuk ke halaman login blogdetik tadi siang gak bisa. :( Tanggal 28 September 2012.

“Apa blog ku udah ke hapus ya? Atau blog ku di tolak admin?” Itu pemikiran awalku.

Aku coba hingga 8x gagal terus. Gak tahu kenapa. Ya udah, akhirnya aku publish artikel ku 5 Harapanku Untuk PT. PLN dan Hikmah Spesial di balik Padamnya Listrik PT.PLN di blog lamaku dulu. :( Sempat mendapat 4 komentar. Tapi artikelku ini belum aku  daftarkan  jadi peserta. Masih nunggu blogdetik bisa diakses dengan lancar kembali.

Lalu aku kunjungi lagi blogdetik dan nyoba masuk lagi ke halaman blogdetik. Setelah aku baca baik-baik ternyata ada tulisan “maintenance”.

“Owalah ternyata lagi dalam pemeliharaan tho? :D ” gubraaaaakkkk (daritadi kemana aja non?hehehehe)

Maklum aku orang baru di blogdetik. Awalnya aku kira sulit eh ternyata lebih asyik dan mudah lho :D . So…. setelah aku tahu bahwa blogdetik hanya masih dalam pemeliharaan, aku segera masukin ke Draft artikelku tadi. Jadi kalo nanti kalian sorot gambar, ada beberapa gambar yang link gambarnya bukan hasil upload dari blogdetik jangan heran ya? Soalnya memang itu copas dari artikel di blog ku sebelumnya. Jadi aku memang melakukan copas tapi copas artikelku sendiri kok. :D Gak percaya? Silahkan lihat gambar di bawah ini sebagai bukti. Aku udah masukin ke draft artikelku di blog satunya.

bukti

Nah setelah aku lihat malam ini blogdetik kembali bisa dibuka, dengan cepat aku langsung memindahkan artikelku ke blogdetikku ini. :) Setelah itu aku lakukan penyempurnaan di sana-sini (hahahaha bahasanya penyempurnaan padahal……) hehehehe cuma penambahan di beberapa bagian. :)

Jadi sekian woro-woro alias pemberitahuan dariku si pengguna baru blogdetik. Langsung ke artikel yuk?

***

Ada yang punya harapan buat PT. PLN ?

Logo PT. PLN

Harapan itu tentunya ada, namun yang perlu kita ketahui bersama kita harus melihat bagaimana prosesnya bukan sekedar hasilnya. Seperti apa yang akan kita bahas kali ini. Aku punya harapan untuk PT. PLN dan aku juga punya pengalaman menakjubkan sebagai hikmah di balik padamnya listrik. Gak percaya? Percaya deh. :D Bukannya maksa buat percaya hlo hanya meminta buat percaya (Nah lho bedanya apa ya? hehehehe)

***

Seperti yang telah kita ketahui bersama, segala sesuatu itu butuh proses. Dari sebuah proses itulah yang kelak dapat kita petik bersama hasilnya. Aku memiliki beberapa harapan bagi PT. PLN. Mungkin tak seperti harapan sebagian orang pada PLN. Biasanya ketika aku tanya “Apa harapanmu untuk PLN?” Jawaban khas yang aku dengar adalah “Pasokan listrik normal. Tidak sering terjadi pemadaman” hehehehe aku juga gak mau munafik sih. Aku juga berharap demikian namun bukan sekedar itu.

Berikut ini 5 harapan spesial dariku untuk PT. PLN

  1. PT. PLN Mau kah kalian memberiku jalan untuk mencapai gelar dalam sebuah pendidikan yaitu Sarjana?

    Aku adalah seorang mahasisiwi. Baru semester 1 mau menuju semester 2. Aku memang bukan berasal dari keluarga yang bergelimang harta. Tapi itu tak menghalangi niatku untuk menggapai sebuah gelar sarjana dalam dunia pendidikan. Aku ingin membuktikan kepada semua orang bahwa tak semua yang bergelar sarjana itu harus berasal dari keluarga yang wah (berada). Semuanya bisa mendapatkan gelar tersebut asal ada niat dan dorongan yang kuat dalam diri. Semuanya ! Tanpa terkecuali bahkan bagi penduduk kecil seperti aku. :D

    Tak menutup kemungkinan bagi kamu yang lagi baca artikelku ini. Jangan pernah ngerasa takut. Kalo kita punya niat yang kuat dan keyakinan, dan satu lagi, kita juga harus mau berusaha aku yakin kita bisa kok meraih gelar yang satu ini.

    Kemarin aku liat foto-foto teman-temanku waktu wisuda. Semoga aku juga bisa sampai ke titik darah penghabisan seperti mereka. Semoga ini bukan hanya menjadi sebuah mimpi. Tapi dapat terealisasikan dengan nyata. Demi pendidikan aku akan berusaha sebisa mungkin untuk mencapainya. Kata pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. hehehehe. Baiklah kembali ke topik yang akan kita bahas ya? Coba lihat foto di bawah ini. Mereka teman-temanku. Memang tidak seumuran tapi mereka adalah kakak kelasku yang sudah menginjak semester akhir dan telah lulus. Jadi tinggal Wisuda. Ini foto wisudanya.

    Foto Wisuda

    Foto Wisuda

    Aku bukannya iri hanya saja muncul dalam benakku ingin dan harus bisa sampai ke acara itu kelak. Jangan sampai putus di tengah jalan hanya karena masalah biaya. Aku harus berusaha.

    Sempat terbesit dalam benakku untuk datang dan mengetuk ke pintu depan PT. PLN.(lagi berkhayal nih ceritanya) :D

    “Selamat pagi pak?” sapa ku kepada satpam.

    “Iya selamat pagi. Ada yang bisa dibantu bu?” jawab satpamnya

    “Aduh jangan panggil saya ibu pak. Saya masih 19 Tahun. Panggil mbak aja ya? :D” kataku sambil malu-malu.

    “Oh iya mbak. Maaf, ada yang bisa dibantu?” tanya ulang sang satpam.

    “Eh iya pak, saya ingin bertemu Pimpinan PT. PLN. Boleh pak?” tanyaku ragu-ragu.

    “Kalau boleh tahu buat apa ya mbak? Udah ada janji apa belum?” tanya lagi sang satpam.

    “Belum sih pak. Tapi saya cuma mau ngasih surat permohonan beasiswa pak.” jawabku.

    “Boleh saya lihat mbak?” Pinta sang satpam.

    “Iya silahkan pak.” kataku sambil meyodorkan amplop coklat yang berisi surat permohonan beasiswa.

    byuuuuuur glodak glodak prang pring prung…. :D
    Hahahaha akhirnya khayalanku hilang deh gara-gara suara berisik di dapur. Habisnya kelamaan khayal sih. Balik lagi ke tema yang di bahas ya? Maaf berkhayalnya kelamaan hehehe.

    Aku ingin mengajukan sebuah surat dimana aku berharap PT. PLN mau memberiku bantuan dana beasiswa untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi. Tahu gak kenapa aku pengen banget menjadi sarjana? Aku bercita-cita menjadi guru. Mengabdikan diri di sebuah desa terpencil yang jauh akan pendidikan. Mengajarkan makna pentingnya pendidikan disana. Pengennya sih gitu. Bukankah maju atau tidaknya suatu negeri juga ditentukan oleh poin yang satu ini?

    Aku sedih kemarin lihat banyak sekali desa yang pendidikannya sangat minim hanya karena letaknya yang terpencil. Kalo disini aku bisa bebas merasakan nikmatnya bangku sekolah, disana mereka harus bersusah payah untuk bersekolah. Bahkan sebagian dari mereka tak bisa bersekolah karena tak ada guru yang mengajar. :( Tapi dengan statusku yang sekarang yang hanya lulusan SMA saja tak cukup. Apa yang mau aku ajarkan disana? Aku butuh lebih banyak ilmu agar aku bisa membagikan ilmuku itu kepada mereka yang ingin merasakan bangku sekolah disana. Karena itu aku ingin menuntut ilmu setinggi mungkin dan meraih gelar sarjana. Kemudian menjadi guru dan mengabdikan diriku kepada negeri ini sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. :D

    PT. PLN, aku tau bahwa kalian sudah berusaha membantu memajukan negeri dalam hal pendidikan.  Bagi yang belum tahu, aku akan sedikit menjelaskan disini. Dalam hal ini, PT. PLN telah membantu pendidikan dalam hal listrik. Kalo tidak ada listrik, belajar juga akan sedikit sulit. Tahu gak kenapa aku bilang gitu?

    1. Tanpa listrik itu artinya tanpa lampu, anak-anak akan kesulitan belajar. Kalo siang hari memang tak bermasalah. Namun bagaimana dengan malam hari? Mereka harus belajar menggunakan cahaya lilin sebagai penerangan. Seperti dulu sebelum ada listrik. :)

      Belajar dalam gelap

      Belajar dalam gelap

      Aku pernah mengalaminya, ketika listrik padam dan esok aku ujian. Jadi belajar pake lilin. Rasanya gak nyaman. Di mata rasanya lelah. Mungkin karena mata harus berusaha lebih keras kali ya? Tapi mau bagaimana lagi. Makanya aku bilang PT. PLN sudah membantu dalam hal pendidikan yakni memfasilitasi siswa dengan lampu penerangan untuk belajar hehehe. Ya kan? :D

    2. Tak adanya komputer untuk belajar? Apa kata dunia? :D

      Belajar Komputer

      Belajar Komputer

      Ketika jaman sudah semakin maju, komputer sudah bukan barang yang langka lagi. Semuanya memakai komputer sekarang. Bahkan parkir pun juga pake komputer. Kalo tidak ada listrik, komputer gak akan bisa nyala kan? dan proses belajar juga gak akan ada. Lalu apa yang mau dipelajari tentang komputer kalo komputernya aja gak nyala? :) Jadi ini juga salah satu bukti bahwa PT. PLN sangat membantu dalam pendidikan. Karena listrik dari PT. PLN udah membantu ngehidupin komputer yang akan digunakan para siswa untuk belajar.


    Jadi bagaimana? Sekarang kalian udah ngerti kan kenapa aku bilang PT. PLN membantu dalam hal pendidikan? hehehehe :) Baiklah kalo udah ngerti sekarang kembali ke pembahasan tentang beasiswa dari PT. PLN lagi ya? Coba deh lihat gambar di bawah ini.

    Dana Beasiswa

    Dana Beasiswa

    Sebenarnya pemberian dana beasiswa dari PT. PLN sudah bukan hal yang baru lagi. Ini sudah sering dilakukan. Tapi tak ada salahnya kan jika aku juga ingin mendapatkannya agar aku berhasil memperoleh gelar sarjana itu. Aku udah berusaha dengan cari sambilan kerja. Jadi kerjanya pagi sampai sore dan malamnya kuliah. Hmmh tapi gajiku sekarang jauh di bawah UMR. Kalo buat bayar uang bulanannya mungkin masih cukup. Tapi yang buat aku bingung plus galau itu biaya semesternya. :(

    Pernah aku dihadapkan pada keadaan yang buruk ketika dalam satu hari aku cuma punya uang Rp 10.000,-. Pada hari itu juga aku ada tugas kuliah buat bikin makalah dan harus langsung di kumpulkan ntar malem. Sebenarnya untuk nyelesaiin tugas makalahnya sih gak ada masalah. Tapi masalahnya muncul waktu ngeprint dan jilid makalah. :(

    “Semuanya Rp 9.800,- ya mbak?” kata pegawai fotokopi.
    Deeer…. Langsung syok aku. Hufh :( Gak mungkin aku minta uang sama ortu. Tapi kalo uangku tak pake buat ini, ntar makan apa? Tapi setelah berfikir sebentar akhirnya aku lebih milih deh buat makan sehari cuma 1x asalkan tugasku dapat selesai dan dikumpulkan tepat waktu.

    “Tak apalah, semuanya demi sebuah gelar pendidikan. Aku yakin ntar pasti ada jalan lain” :) Positif thinking.

    Maka harapan pertamaku dalam hal ini adalah aku ingin sekali PT. PLN memberikan dana beasiswa. Tak perlu banyak-banyak kok. Aku cuma butuh buat bayar uang semesteranku aja yang 4 bulan sekali. Kalo yang bulanan aku akan berusaha buat bayar sendiri. Menjadi sebuah kebanggaan dan kepusaan tersendiri ketika aku bisa kuliah dengan uang hasil keringat sendiri. :) Namun, Jika aku bukan salah satu yang menerimanya aku berharap PT. PLN mau memberikan dana beasiswa kepada orang lain yang benar-benar ingin menuntut ilmu. Sebuah dana yang pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dan yang tak kalah penting, itu bisa menjadi salah satu jalan untuk memajukan negeri tercinta kita dalam hal pendidikan.

2. PT. PLN, maukah kalian memperbanyak acara sosial seperti bawah ini ?

Contoh kegiatan sosial pertama :

Kegiatan Sosial

Kegiatan Sosial

Satu tahun yang lalu, aku membaca sebuah berita tentang acara yang dilakukan oleh PT. PLN yaitu “ PLN Jatim salurkan CSR Rp 1,5 Miliar.”

Awalnya aku tak mengerti dan CSR itu apa dan darimana datangnya CSR. Aku coba cari informasi mengenai CSR. Ternyata buat sekedar informasi aja ya buat kalian yang gak ngerti tentang CSR seperti aku, CSR itu dana yang dikeluarkan oleh perusahaan yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang kerap terjadi dalam hubungan antara perusahaan dengan publiknya. ketidakmampuan untuk saling memahami dan menerima. Permasalahan ini mengakibatkan macetnya interaksi antara perusahaan dengan  publiknya. Dengan adanya CSR diharapkan hal itu dapat diatasi. Nah CSR yang dikeluarkan oleh pihak PT. PLN sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat Jatim. Mereka memanfaatkan dana CSR dengan tepat yakni untuk pemberian vaksinasi, perbaikan lingkungan, penanaman pohon mangrove, pembangunan tempat ibadah dari berbagai agama dan pengadaan peralatan kesenian tradisional reyog.

Bukankah dana CSR dari PT. PLN sangat bermanfaat untuk masyarakat? Coba ya kalo kita perhatiin baik-baik apa aja yang dapat diperoleh dibalik semua itu? Tentu aja hubungan yang baik di antara perusahaan dan masyarakat sekitar dan tentu aja masyarakat juga dapat merasakan manfaat yang sangat besar.

Contoh kegiatan sosial yang kedua :

Operasi Katarak Gratis dari PLN

Operasi Katarak Gratis dari PLN

Ini dia yang paling buat aku terenyuh nyuh nyuh.. :) PT. PLN mnegadakan kegiatan sosial dalam bidang kesehatan. Ini sangat bermanfaat tentunya. Nah kegiatan ini patut diacungi 4 jempol. Jadi aku harap PT. PLN mau melestarikan kegiatan semacam ini ya? Karena ini sangat meringankan beban penderitaan orang lain.

Jadi, harapan keduaku untuk PT. PLN semoga kegiatan semacam ini tetap bisa dilaksanakan ya? :D

3. PT. PLN perbaiki pelayananmu ya?

Harapanku yang ketiga bukan berarti pelayanan PLN itu jelek. Pelayanan PT. PLN sudah lebih baik kok. Tapi akan lebih baik lagi jika lebih dimaksimalkan. Ya kan? :)

Kemarin di rumahku listriknya byar pet byar pet alias bleret. Tiap ada satu alat elektronik di nyalain langsung deh mbleretnya kumat. Awalnya ibuku pikir mungkin listrik nya lagi gak stabil. Tapi malamnya malah makin parah.

“Wah wah wah. Ada apa sih ini?” kata ibuku bingung.

“Yak gak tau bu.” jawabku.

“Coba cek sekringnya sana nes?” suruh ibuku.

“Iya bu.”jawabku sembari keluar untuk melihat sekring yang letak nya di depan rumah.

Setelah aku lihat aku kaget.

“Buk buk sini buk. Sekringnya ada percikan apinya. Bunyi juga.” teriakku histeris melihat kondisi sekring listrik yang nyeremin.

“Masak sih? Iya bentar?” seru ibuku dari dalam rumah.

“Eh iya. Ayahmu masih kerja ya? Waduh gimana ini? Kok kayak gini? Coba tak telfon PLN dulu” kata ibuku panik.

Ibuku tak berani membuka sendiri karena di sekringnya di segel sama PLN. Jadi biar pihak PLN aja yang buka nanti.

Tut… tut… “PLN (menyebutkan nama daerahku) selamat malam?” sapa dari seberang telpon.

Lalu tanpa basa basi ibuku langsung melapor deh.

Pihak PLN minta disebutkan identitas yang tertera di sekringnya. Jadi langsung di sebutin nama ayahku M.Radik Isman. Terus nomor, dan bla bla bla…..

“Baik Bu Radik, kami akan segera kesana. Mohon ditunggu njih, karena petugas lapangan kami sedang keluar melayani pelanggan. Kebetulan malam ini sedang banyak keluhan.” kata petugas sana.

“Tapi bisa datang malam ini kan Pak?” ucap ibuku memastikan.

“Iya Bu, kami pasti datang malam ini. Dimatikan saja dulu meterannya ya Bu? Biar aman.” saran petugas PLN.

“Iya pak” jawab ibuku sambil mematikan telpon.

Akhirnya sekitar pukul delapan, ada 2 petugas PLN dengan mobil dinasnya sampai di rumah kami. Ternyata ada kabel yang tidak tepat dipasang di meteran kami sejak awal pemasangannya.

Perbaikan meteran listrik

sumber gambar : www.google.com

Beruntung selama beberapa bulan kami menempatinya tak ada masalah. :) Pukul setengah sembilan lebih sedikit pekerjaan selesai ditandai dengan pengecekan total. Seluruh peralatan listrik di rumah dinyalakan, Alhamdulillah, sudah tidak ada lampu kedap-kedip dan bunyi aneh lagi. Sambil menemani para petugas melepas dahaga dengan teh hangat yang kami siapkan Ayahku bertanya “Biayanya berapa ya Pak?”

“Monggo saja Pak..”

Waaah.. gaya Jawa begini ini nih yang suka bikin bingung dan sungkan. Akhirnya ayahku memberikan amplop kepada keduanya sekedarnya saja, untuk membeli makan malam disertai ucapan terima kasih. hehehehe :)

Nah dari pengalaman di atas, aku ngerasa pelayanan PLN udah lebih baik. Sekali nelpon langsung di angkat. Aku berharap semoga pelayanan ini tetap baik dan lebih baik lagi. Tentunya demi kepuasan para pelanggan seperti kami.

4. PT. PLN, teruslah berusaha dalam programmu melawan korupsi. Jadikan PT. PLN menjadi bersih dari KKN ya?

Anti korupsi

Sumber gambar: www.google.com

Seperti yang telah kita ketahui bersama praktik korupsi sedang manjadi topik yang panas di televisi. Hampir di setiap berita yang aku lihat, KKN banyak sekali terjadi. KKN bikin sebagian orang menderita. Kan itu megambil hak orang lain. :) Ya tho?

Jadi inilah harapan ke empatku untuk PT. PLN yakni teruskanlah usahamu untuk menghapus praktik KKN. Semoga dengan begitu, PT. PLN bisa menjadi salah satu Perusahaan yang menjalankan usahanya dengan bersih.

Kalo anti korupsi sudah menjadi bagian dari PT. PLN, dengan bangga aku bisa buat status di jejaring sosial yang berbunyi :

“manajemen yang bersih dari PT. PLN sebagai upaya mencegah praktik KKN”

Tweetku

Tweetku

Status FB ku

Status FB ku

Dengan begitu baik dari PT. PLN nya sendiri, bahkan juga dari masyarakat akan sangat bangga terhadap cara kerja perusahaan yang satu ini. Semoga program yang PT. PLN laku kan dapat dengan sukses berjalan. Jadi KKN akan musnah :D Tentunya hal ini akan berpengaruh besar terhadap kinerja dan manajemem nya bukan?

5. Jangan buat pengguna Kecewa ya PT. PLN ?

Ini adalah sebuah harapan yang sederhana. Tapi maknanya dalem banget buat para pelanggan setia PLN. Mungkin untuk hal yang satu ini berkaitan dengan banyak poin ya? Mulai dari pelayanan, stok listrik (hehehehe listrik kok di stok?) sampai biaya Tarif Daftar Listrik  alias TDL.

Lihatlah banyaknya antusisme yang ingin di sampaikan kepada PT. PLN. Banyak sekali argumen yang muncul kita simak satu persatu ya?

Yang pertama : Masalah TDL

1fef54468d1235508ec014432a317daf_5Ini salah satu argumen dari masyarakat. Tak apa TDL naik asalkan pasokan listrik tetap dipenuhi. Jadi dengan begitu pelanggan tetap akan merasa puas walau ada kenaikan masalah biaya listrik. Ini juga menjadi harapan bagi ku.

Yang Kedua : Masalah Pasokan Listrik

Banyak hal yang udah dilakukan PT. PLN untuk melakukan hal yang satu ini. Aku beruntung berada di Jateng walaupun terkadang masih sering terjadi listrik mati namun setahuku listrik mati di daerahku terjadi ketika ada perbaikan listrik. Misalnya seperti penambahan kabel atau daya dan sebagainya. Walaupun emang terkadang masih dilakukan pemadaman hehehe. tapi no problem deh :)

Lihatlah di bawah ini.

Bukti Pertama Usaha PT. PLN untuk memenuhi pasokan listrik

PLN menggandeng BP untuk memenuhi pasokan listrik dalam negeri.

dba3b1cc712ffd40ee9ef26fbf77fea2_51bp-petrol

Sumber gambar www.google.com

Bukti Kedua Usaha PT. PLN untuk memenuhi pasokan listrik

Sumber gambar www.google.com

Sumber gambar www.google.com

5c8bc14d9e80f28c5e2ec5b6141e6653_12

Bukti Ketiga Usaha PT. PLN untuk memenuhi pasokan listrik

Ini hanya sedikit bukti bahwa PT. PLN sudah berusaha memenuhi pasokan listrik. Walaupun begitu masih banyak sekali yang belum merasakannya. Mungkin karena luasnya negara ini kali ya? Tapi sebagai seorang manusia, tetap aja pengennya merasa puas. Jadi aku berharap PT. PLN tetap berusaha untuk memenuhi pasokan listrik dalam negeri ya? Agar semua kegiatan baik itu industri, pendidikan, maupun lainnya dapat berjalan dengan lancar. Kalo bagi aku sih yang bidang pendidikan :). Pengalaman beberapa hari yang lalu, aku gak bisa ngerjain tugas kuliah gara-gara listrik mati hehehehe  padahal tugasnya di komputer. Ya akhirnya aku pergi ke kawasan yang listriknya masih nyala.

Yang Ketiga : Masalah Pelayanan

149531280b725309ac110516fd22d76d_13Kalo masalah yang satu ini udah aku bahas tadi ya? Pengalaman langsung ketika PT. PLN melayani masyarakat. hehehe Jadi sepertinya yang ini gak perlu di bahas lagi deh. Yang terpenting, semoga PT. PLN terus berupaya memperbaiki pelayanannya baik Online maupun Offline. Oke ? :D

Tapi ingatlah, dalam setiap kejadian itu pasti ada berkahnya kok. hehehehe jadi sok puitis nih aku. Tapi ini beneran hlo. : ) Misalnya seperti setiap kali ada pemadaman listrik. Kita tidak boleh cuma marah-marah gara-gara hal ini. Banyak hal positif yang bisa di ambil kok. Gak percaya? Baiklah akan aku buktikan.

Hikmah dari Pemadaman yang dilakukan PT. PLN bagi aku.

Pemadaman listrik pada malam hari Tak seburuk yang aku kira (Pemadaman atau emang ada gangguan)

Bagi sebagian orang listrik mati pada malam hari itu gak banget. Banyak aktivitas yang terganggu. Semuanya jadi gelap. Tapi lihat sisi positifnya. :D Waktu listrik mati dari maghrib sampai jam 11 malem di kampungku semuanya terasa gelap. Lilin dan lampu teplok menjadi alat penerang di rumahku dan rumah tetanggaku.

1. Kecerian berkumpul di depan rumah karena listrik padam

Sebagai orang kota yang tak pernah merasakan suasana desa, kali ini aku bisa merasakannya. Aku yang asli orang Semarang melihat keceriaan anak-anak bermain di depan rumah ketika listrik mati. heheheeh semuanya malah pada keluar rumah pada malam itu. Jadi kampung yang biasanya sepi waktu malam karena banyaknya Aktivitas di dalam rumah, tiba-tiba jadi ramai sekali. :) Suasana hangat dan penuh kebersamaan.

2. Langit terlihat mempesona karena bintang terlihat terang

Sumber gambar : www.google.com

Sumber gambar : www.google.com

Tak hanya keceriaan anak-anak yang bermain dan orang dewasa yang asik bercengkrama di depan rumah dalam suasana gelap. Tapi betapa terpukaunya aku ketika melihat ke langit. :D Menakjubkan. Sebuah hamparan bintang yang terlihat sangat terang. Mungkin dulu tidak kelihatan seindah ini karena kalah dengan cahaya lampu. Namun sekarang bintang terlihat seperti lautan. Subhanallah keren banget. :D Mungkin ada baiknya juga PT. PLN memadamkan listrik pada malam hari hahahaha biar semua orang tahu keindahan alam semesta ini.

3. Tempat lain yang membutuhkan listrik, kini bisa merasakannya

Gimana dengan yang satu ini? Bener gak? Ketika suatu tempat dilakukan pemadaman tentu tempat lain yang membutuhkan listrik kini bisa merasakannya bukan? Sebagai seorang manusia kita harus saling menolong dan berkorban. Aku ngrasa ketika tempatku lagi pemadaman itu berarti aku lagi bantu orang lain secara tak langsung. hehehehe Berbagi itu indah kok.

Jadi gimana? Apa harapanmu untuk PLN? Kamu juga udah tahu kan akan usaha yang udah dilakukan PT. PLN untuk memuaskan pelanggannya? Dan kamu juga tahu kan ada hikmah di balik pemadaman listrik ataupun listrik mati? hehehehe Jadi jangan cuma lihat dari sisi negatif nya aja. Lihat positifnya juga. :)

PT. PLN itu baik kok, tapi akan lebih baik lagi jika PT. PLN mau mendengarkan aspirasi rakyat kecil seperti aku ini. :) . Makasih juga buat pengalaman seru yang udah PT. PLN berikan waktu listrik padam kemarin malam ya?hehehehe Sukses ya?


TAGS Harapan Untuk PLN Aku dan PLN Himah di Balik Padamnya Listrik PLN


-

Author

Follow Me